by

Ini Pilihan Bagi Kaum Milenial yang Ngebet Tinggal di Jakarta

Generasi milenial atau kaum muda yang berpenghasilan ‘menengah nanggung’ luput dari perhatian sebagai pihak yang sulit membeli rumah di Jakarta. Padahal pasar kaum milenial cukup banyak di Jakarta, jumlahnya mencapai 3 juta jiwa.

Ketersediaan properti di Jakarta, baik rumah maupun apartemen (rusunami) yang mampu dijangkau oleh kaum yang berpenghasilan Rp 4-7 juta ini pun tidak banyak. Lantas apa solusi agar kaum ini mampu mendapatkan rumah yang sesuai dengan isi kantong mereka di Jakarta?

Corporate Secretary Intiland, Theresia Rustandi mengatakan, adalah hal yang sulit untuk merealisasikan harga rumah yang pas untuk kaum milenial berpenghasilan ‘menengah nanggung’ ini di Jakarta. Pasalnya untuk lokasi di Jakarta, harga tanah makin lama memang tidak murah dan cenderung sangat tinggi.

“Kalau landed di Jakarta itu sudah sangat sulit ditemukan. Kalau enggak, ya memang mereka harus minggir ke pinggiran Jakarta, yang memang harganya pasti beda sekali sama Jakarta,” katanya kepada detikFinance saat dihubungi di Jakarta.

Klik :  Disewakan Apartemen St Moritz Tower Royal

“Yang harus dilakukan memang mencari urban living yang memang cocok untuk orang-orang ini. Caranya adalah integrated development. Dia harus tinggal di tempat yang memanfaatkan lahan secara maksimal. Daripada landed, berarti naik ke atas (rusun). Supaya lebih banyak orang yang bisa tinggal di situ, dan harganya lebih murah,” tambahnya.

Menyikapi fakta di atas, jika berbicara penyediaan hunian yang mampu dijangkau pembiayaannya oleh kaum milenial kelas menengah, maka solusinya adalah dengan menyewa rusunawa.

“Kalau pengembang itu kan udah pasti harus berhitung, berapa harga tanah, material, biaya konstruksi. Makin tinggi spek suatu gedung, biayanya akan semakin besar. Tapi kalau tidak memakai aksesoris yang mewah, standar saja, itu harganya mungkin bisa lebih murah. Tapi semurah-murahnya harga rusunami di Jakarta sudah pasti di atas Rp 400 juta,” papar Theresia.

“Jadi tinggal cara pembayarannya yang affordable buat mereka, jadi mereka mampu bayar berapa dalam sebulan,” tandasnya. Detik.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed